MAKALAH
PERAN SIM PADA PERUSAHAAN
CARREFOUR

Disusun Oleh:
Nama: Karmelita Indah P
NIM : 1A122066
STIE BANK BPD JATENG
Jln Pemuda No. 4A Semarang
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT
yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, saya panjatkan puja dan puji syukur
atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya
kepada saya, sehingga saya dapat menyelesaikan makalah peran sim pada
perusahaan Carrefour.
Makalah ilmiah ini telah saya
susun dengan maksimal. Terlepas dari semua itu, Kami menyadari sepenuhnya bahwa
masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh
karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari
pembaca agar kami dapat memperbaiki makalah ilmiah ini.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Semarang, oktober 2015
Penulis
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG................................................................................ 4
B.
RUMUSAN MASALAH............................................................................ 5
C.
TUJUAN...................................................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN
A.
SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN..................................................... 6
B. PERANAN SIM PADA SEBUAH
PERUSAHAAN............................... 6
C.
PROFIL
PERUSAHAAN PT CARREFOUR INDONESIA................. 10
D.
E-COMMERCE PADA PT. CAREFOUR............................................... 11
E. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN................................................... 12
F. ANALISIS
SWOT.................................................................................... 13
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN......................................................................................... 14
B. SARAN..................................................................................................... 14
DAFTAR PUSTAKA........................................................................................... 15
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Internet dan teknologi lainnya yang terhubung serta
aplikasi-aplikasinya telah mengubah cara operasi bisnis dan cara orang bekerja,
sebaik bagaimana sistem informasi mendukung proses bisnis, pengambilan
keputusan, dan keuntungan kompetitif. Sehingga, saat ini banyak bisnis
menggunakan teknologi internet untuk penggunaan website yang memungkinkan mereka
dapat menjalankan proses bisnisnya dan membuat aplikasi e-bisnis yang inovatif
(O’Brien dan Marakas 2009).
E-bisnis didefinisikan sebagai penggunaan teknologi
internet untuk bekerja dan menguasai proses bisnis, e-commerce, dan enterprise
collaboration antara sebuah perusahaan dengan konsumennya, suplier, dan
stakeholder bisnis lainnya. Hakikat dari e-bisnis dapat digeneralisasikan
sebagai sebuah pertukaran nilai secara online. Semua pertukaran online
informasi, uang, sumber daya, jasa, atau kombinasi dari semuanya berada di
bawah payung e-bisnis. Perusahaan-perusahaan bergantung pada aplikasi e-bisnis
untuk (1) memperbaharui proses bisnis internal, (2) implementasi sistem
e-commerce dengan konsumen dan suplier mereka, dan (3) mempromosikan enterprise
collaboration antara tim bisnis dan tim kerja.
Enterprise collaboration system melibatkan
penggunaan software untuk mendukung komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi
antara anggota tim network dan tim kerja. Sebuah bisnis mungkin menggunakan
intranet, internet, ekstranet, dan network lainnya untuk mengimplemtasikan
beberapa sistem. Sebagai contoh, karyawan dan konsultan eksternal mungkin
berasal dari sebuah virtual team yang mengunakan intranet perusahaan dan
internet untuk e-mail, video conference, e-discussion groups, dan halaman web
dari work-in-progress information untuk menggabungkan dalam proyek bisnis.
E-commerce adalah kegiatan-kegiatan bisnis yang
menyangkut konsumen, manufaktur, service providers dan pedagang perantara
(intermediaries) dengan menggunakan jaringan-jaringan komputer (komputer
networks) yaitu internet (www.binushacker.net). E-commerce atau bisa disebut
perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan,
pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau
televisi, www, atau jaringan komputer lainnya yang melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
O’Brien
dan Marakas (2009) menyatakan bahwa e-commerce adalah menjual, membeli,
memasarkan dan memberikan pelayanan pada produk ,
jasa, dan informasi pada network komputer yang bermacam-macam. Saat ini, banyak
bisnis yang menggunakan internet, ekstranet, intranet, dan network lainnya
untuk mendukung setiap tahap proses komersial, termasuk semua bentuk promosi,
penjualan, dan customer support dalam setiap World Wide Web untuk keamanan
internet dan mekanisme pembayaran yang meyakinkan proses pengiriman dan pembayaran. Sebagai contoh, sistem e-commerce termasuk
website internet untuk penjualan online, akses ekstranet untuk database
inventori oleh konsumen besar, dan penggunaan intranet perusahaan oleh
penjualan untuk mengakses record konsumen untuk customer relationship
management.
Kita bisa mengambil contoh penerapan e-commerce ini pada
perusahaan ritel yaitu Carrefour, bagaimana Carrefour ikut memanfaatkan
internet untuk mendukung kegiatan bisnis mereka. Carrefour memiliki web pribadi
yang berisi tentang perusahaan mereka dan juga data-data atau produk apa yang
mereka tawarkan serta adanya informasi-informasi seperti diskon atau
promo-promo lainnya, disamping itu juga Carrefour menyiapkan pelayanan pesan
antar bagi para pelanggannya untuk mengakses atau berbelanja via online. Sistem
pembayaran yang Carrefour tawarkan dengan e-commerce hampir sama dengan pada
umumnya yaitu menggunakan credit card dan dengan keamanan yang terjaga dan aman
dari tindakan criminal.
Dengan e-commerce ini sangatlah
membantu dalam proses bisnis dan juga bisa meningkatkan efektifitas dan
efisiensi dari perusahaan dan juga bagi para pelanggan karena kalau melihat
dari sisi pelanggan mereka tidak perlu capek-capek antri untuk melakukan
pembayaran karena cukup melakukan pembelian via online akan lebih praktis dan
barang belanjapun bisa diantarkan pada rumah pelanggan. Di samping itu
pelanggan juga bisa mengecek barang-barang yang mereka cari atau yang akan
dibeli melalui web agar bisa mengetahui apakah barang tersebut available atau
tidak ketika hendak melakukan belanja secara manual di Carrefour.
B. RUMUSAN MASALAH
1.
Bagaimanakah peran Sistem
Informasi Manajemen untuk sebuah perusahaan?
2.
Bagaimanakah profil bisnis Carrefour
di Indonesia?
3.
Bagaimana implementasi SIM pada perusahaan Carrefour di
Indonesia?
C. TUJUAN
1.
Untuk mengetahui peran
Sistem Informasi Manajemen untuk
perusahaan
2.
Untuk mengetahui profil bisnis Carrefour
di Indonesia
3.
Untuk mengetahui implementasi perusahaan Carrefour di Indonesia
BAB II
PEMBAHASAN
A. SISTEM INFORMASI
MANAJEMEN
Sistem adalah sekumpulan elemen-elemen
yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu.
Informasi adalah data yang telah diolah sehingga dapat bermanfaat bagi
penggunanya. Sehingga Sistem Informasi Manajemen dapat diartikan sebagai suatu
sistem yang digunakan untuk memperoleh informasi guna kepentingan manajemen. Tujuan SIM: a. Menyediakan informasi yang dipergunakan di
dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan
manajemen. b. Menyediakan informasi
yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan
perbaikan berkelanjutan. c. Menyediakan informasi untuk pengambilan
keputusan. Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan
mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat
membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan
mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam
semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan
keputusan).
B. PERANAN SIM PADA SEBUAH
PERUSAHAAN
Sistem
informasi memiliki peran yang sangat penting dalam sebuah organisasi . sistem
informasi memiliki peran dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang
manajemen dalam pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetitif organisasi.
Peran sistem
informasi manajemen untuk mencapai keunggulan strategis dapat dicontohkan pada
suatu perusahaan yang memutuskan untuk mengubah seluruh
datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat
penghubung browser web) sehingga memungkinkan berbagi informasi dengan para
sekutu-sekutu bisnis dan pelanggannnya. Basis data yang terstandarisasi dan
dapat diakses melalui browser web mencerminkan pergeseran posisi perusahaan
secara strategis.
Persaingan
merupakan kunci penentu keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi
persaingan yang diterapkan oleh bisnis/industri mampu memberikan keunggulan
organisasi, dengan memperhatikan faktor biaya, mutu dan kecepatan proses.
Keunggulan kompetitif akan membawa organisasi pada kemampuan mengendalikan
pasar dan meraih keuntungan usaha. Strategi bisnis menjadi pusat yang mengendalikan
strategi organisasi dan strategi informasi. Perubahan pada salah satu strategi
membutuhkan penyesuaian, agar tetap setimbang.
Hubungan
antara strategi kompetitif perusahaan dan manfaat penggunaan sistem informasi
dikembangkan melalui beberapa lapisan, mulai dari perencanaan, analisa dan
perancangan. Sejalan dengan semakin luasnya pemanfaatan teknologi informasi di
lingkungan bisnis, maka pemisahan antara teknologi informasi dan strategi
kompetitif perusahaan semakin tidak terlihat. Hal ini karena seluruh strategi
kompetitif perusahaan harus memiliki teknologi informasi.
Strategi
perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang
dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara
optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja
perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan
memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung
maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa
peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya. Selain itu, strategi perusahaan
berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelebihan atau
kekurangan investasi serta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan
benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.Beberapa sistem informasi dapat
diklasifikasikan sebagai sistem informasi operasi atau manajemen,
sementara yang lainnya menjalankan berbagai macam fungsi.
1. Peranan Proses Bisnis dan Operasional
Peranan sistem informasi untuk
operasi bisnis adalah untuk memproses transaksi bisnis, mengontrol proses
industrial, dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor secara efisien.
a. Transaction Processing Systems (TPS)
TPS berkembang dari sistem informasi
manual untuk sistem proses data dengan bantuan mesin menjadi sistem proses data
elektronik (electronic data processing systems). TPS mencatat dan
memproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan, pembelian, dan
perubahan persediaan/inventori. TPS menghasilkan berbagai informasi produk
untuk penggunaan internal maupun eksternal. Sebagai contoh, TPS membuat
pernyataan konsumen, cek gaji karyawan, kuitansi penjualan, order pembelian,
formulir pajak, dan rekening keuangan.
b. Process Control Systems (PCS)
Sistem informasi operasi secara
rutin membuat keputusan yang mengendalikan proses operasional, seperti
keputusan pengendalian produksi. Hal ini melibatkan process control systems
(PCS) yang keputusannya mengatur proses produksi fisik yang secara otomatis
dibuat oleh komputer. Kilang minyak petroleum dan assembly lines dari
pabrik-pabrik yang otomatis menggunakan sistem ini.
c. Office Automation Systems (OAS)
OAS mengumpulkan, memproses,
menyimpan, dan mengirim data dan informasi dalam bentuk komunikasi kantor
elektronik. Contoh dari office automation (OA) adalah word processing,
surat elektronik. electronic mail, teleconferencing, dan
lain-lain.
2. Peranan Pengambilan Keputusan
Sistem Informasi Manajemen
menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan manajemen. Sistem
ini terdiri atas beberapa tipe, yaitu:
a. Laporan spesifikasi dan rencana awal untuk para
manajer dikerjakan oleh information reporting systems ( sistem pelaporan
informasi).
b. Dukungan ad hoc dan interaktif untuk
pengambilan keputusan oleh manajer dikerjakan oleh decision support systems
(sistem pendukung keputusan).
c. Informasi kritikal untuk manajemen atas ditetapkan
oleh executive information systems ( sistem informasi eksekutif)
d. Nasehat pakar untuk pengambilan keputusan
operasional atau manajerial ditetapkan oleh expert systems (sistem
pakar) dan knowledge-based information systems (sistem informasi
berbasis pengetahuan lainnya).
e. Dukungan langsung dan terus untuk aplikasi
operasional dan manajerial dari end users ditetapkan oleh end user
computing systems.
f. Aplikasi operasional dan manajerial dalam mendukung
fungsi bisnis ditetapkan oleh business function information systems.
g. Produk dan layanan jasa yang bersaing untuk
mencapai keuntungan strategis ditetapkan oleh strategic information systems.
Dalam dunia kerja nyata, sistem informasi yang
digunakan merupakan kombinasi dari berbagai macam sistem informasi yang telah
disebutkan di atas. Pada prakteknya, berbagai peranan tersebut diintegrasi
menjadi suatu gabungan atau fungsi-silang. cross-functional sistem
informasi yang menjalankan berbagai fungsi.
3. Peranan Persaingan Keuntungan Strategis
Sistem informasi dapat memainkan peran
yang besar dalam mendukung tujuan strategis dari sebuah perusahaan. Sebuah
perusahaan dapat bertahan dan sukses dalam waktu lama jika perusahaan itu
sukses membangun strategi untuk melawan kekuatan persaingan yang berupa :
·
untuk
Persaingan dari para pesaing yang berada di industri yang sama,
·
untuk
Ancaman dari perusahaan baru,
·
untuk
Ancaman dari produk pengganti,
·
untuk
Kekuatan tawar-menawar dari konsumen, dan
·
untuk
Kekuatan tawar-menawar dari pemasok.
Beberapa strategi bersaing yang
dapat dibangun untuk memenangkan persaingan adalah:
·
untuk Cost
leadership. keunggulan biaya-menjadi produsen produk atau jasa dengan biaya
rendah.
·
untuk Product
differentiation. perbedaan produk-mengembangkan cara untuk menghasilkan
produk atau jasa yang berbeda dengan pesaing.
untuk Innovation-menemukan
cara baru untuk menjalankan usaha, termasuk di dalamnya pengembangan produk
baru dan cara baru dalam memproduksi atau mendistribusi produk dan jasa.
Manfaat
sistem informasi manajemen. SIM dapat menolong perusahaan untuk :
1. Meningkatkan Efisiensi Operasional
Investasi di dalam teknologi sistem informasi dapat
menolong operasi perusahaan menjadi lebih efisien. Efisiensi operasional
membuat perusahaan dapat menjalankan strategi keunggulan biaya low-cost
leadership.
Dengan menanamkan investasi pada teknologi sistem
informasi, perusahaan juga dapat menanamkan rintangan untuk memasuki industri
tersebut (barriers to entry) dengan jalan meningkatkan besarnya
investasi atau kerumitan teknologi yang diperlukan untuk memasuki persaingan
pasar. Selain itu, cara lain yang dapat ditempuh adalah mengikat (lock in)
konsumen dan pemasok dengan cara membangun hubungan baru yang lebih bernilai
dengan mereka.
2. Memperkenalkan Inovasi Dalam Bisnis
Penggunaan ATM. automated teller machine dalam
perbankan merupakan contoh yang baik dari inovasi teknologi sistem informasi.
Dengan adanya ATM, bank-bank besar dapat memperoleh keuntungan strategis
melebihi pesaing mereka yang berlangsung beberapa tahun.
Penekanan utama dalam sistem informasi strategis
adalah membangun biaya pertukaran (switching costs) ke dalam hubungan
antara perusahaan dengan konsumen atau pemasoknya. Sebuah contoh yang bagus
dari hal ini adalah sistem reservasi penerbangan terkomputerisasi yang
ditawarkan kepada agen perjalanan oleh perusahaan penerbangan besar. Bila
sebuah agen perjalanan telah menjalankan sistem reservasi terkomputerisasi
tersebut, maka mereka akan segan untuk menggunakan sistem reservasi dari
penerbangan lain.
3. Membangun Sumber-Sumber Informasi Strategis
Teknologi sistem informasi memampukan perusahaan untuk
membangun sumber informasi strategis sehingga mendapat kesempatan dalam
keuntungan strategis. Hal ini berarti memperoleh perangkat keras dan perangkat
lunak, mengembangkan jaringan telekomunikasi, menyewa spesialis sistem
informasi, dan melatih end users.
Sistem informasi memungkinkan perusahaan untuk membuat
basis informasi strategis (strategic information base) yang dapat
menyediakan informasi untuk mendukung strategi bersaing perusahaan. Informasi
ini merupakan aset yang sangat berharga dalam meningkatkan operasi yang efisien
dan manajemen yang efektif dari perusahaan. Sebagai contoh, banyak usaha yang
menggunakan informasi berbasis komputer tentang konsumen mereka untuk membantu
merancang kampanye pemasaran untuk menjual produk baru kepada konsumen.
Fungsi dari sistem informasi tidak lagi hanya
memproses transaksi, penyedia informasi, atau alat untuk pengambilan keputusan.
Sekarang sistem informasi dapat berfungsi untuk menolong end user
manajerial membangun senjata yang menggunakan teknologi sistem informasi untuk
menghadapi tantangan dari persaingan yang ketat. Penggunaan yang efektif dari
sistem informasi strategis menyajikan end users manajerial dengan
tantangan manajerial yang besar.
C.
PROFIL
PERUSAHAAN PT CARREFOUR INDONESIA
Carrefour di
Indonesia hadir sejak tahun 1996 dengan membuka gerai pertama di Cempaka Putih
pada bulan Oktober 1998. Pada saat yang sama, Continent, sebagai perusahaan
ritel Prancis, membuka gerai pertamanya di Pasar Festival. Pada tahun 1999,
Carrefour dan Promodes (sebagai pemegang saham utama dari Continent)
menggabungkan semua kegiatan usaha ritel di seluruh dunia dengan nama
Carrefour. Hal tersebut menjadikan Carrefour sebagai ritel terbesar kedua di
dunia.
Sebagai bagian dari
perusahaan global, PT. Carrefour Indonesia berusaha untuk memberikan standar
pelayanan kelas dunia dalam industri ritel Indonesia. Carrefour Indonesia
memperkenalkan konsep hipermarket dan menyediakan alternatif belanja baru di
Indonesia bagi pelanggan Carrefour Indonesia. Carrefour menawarkan konsep
“One-Stop Shopping” yang menawarkan tempat pilihan dengan produk yang beragam,
harga murah, dan juga memberikan pelayanan terbaik sehingga melebihi harapan
pelanggan.
Saat ini,
Carrefour sudah beroperasi di 83 gerai dan tersebar di 28 kota/kabupaten di Indonesia.
Sebagai salah satu pemain ritel terkemuka, Carrefour Indonesia berkomitmen
untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan Carrefour di Indonesia.
72 juta pelanggan telah mengunjungi Carrefour di tahun 2010, naik dari 62 juta
pelanggan di tahun sebelumnya. Carrefour sangat peduli terhadap kebutuhan
pelanggan dengan menawarkan lebih dari 40.000 produk, sehingga pelanggan dapat
memperoleh pilihan lengkap kebutuhan sehari-hari yang berkualitas baik dengan
harga diskon di dalam lingkungan belanja yang nyaman. Carrefour
Indonesia memiliki sekitar 28,000 karyawan langsung dan tidak langsung seperti
SPGs, cleaning service, dll.
Pada saat ini, selain menyediakan berbagai
macam kebutuhan bagi masyarakat di supermarketnya, Carrefour juga menyediakan
media belanja online untuk pelanggan setia Carrefour.
D. E-COMMERCE PADA PT. CAREFOUR
Pada tahun 2011, Pihak Manajemen Pemasaran Carrefour meluncurkan versi baru dari situsnya yang
menampilkan katalog dan program promosi, dan kemudian menjadi salah satu pemain
utama di aktivitas media sosial. Hal ini bertujuan untuk menjembatani audiens online Carrefour dengan
aktivitas utama yang dilakukan pihak manajemen pemasaran,
dengan menyediakan pengalaman belanja online untuk konsumen. Jadi
mereka memutuskan untuk mencoba layanan e-commerce. Situs mereka cukup sederhana, tidak mewah dan
cantik tetapi situsnya bekerja dengan baik dan bisa dengan mudah dimengerti.
Tentu saja situs ini akan tampak familiar bagi mereka yang memiliki pengalaman
berbelanja online, meski tidak sulit bagi pemula untuk belajar
bagaimana cara situs ini bekerja.
Saat ini, Carrefour hanya menyediakan cara pembayaran
menggunakan kartu kredit yang adalah sangat masuk akal karena kita bisa melihat
bahwa konsumen offline pembeli sering
mengunakan kartu kredit ketika berbelanja, terutama untuk mendapatkan diskon
dan promosi. Carrefour secara pintar mengunakan perilaku ini untuk mendorong
operasional sistem pembayaran dengan proses yang sederhana dan mudah. Sebenarnya, pihak manajemen berpendapat bahwa tidak
melihat ada badge keamanan untuk transaksi saya, yang
mungkin seharisnya menjadi prioritas untuk mendapatkan kepercayaan dari
konsumen.
Carrefour juga beruntung bahwa mereka telah diasosiasikan
dengan kualitas bagus dari berbagai barang dan produk yang mereka jual, ini
bisa meninimalkan keraguan konsumen dan ketidakpercayaan yang biasanya ada pada
diri konsumen ketika mereka menggunakan situs e-commerce lain. Dan Carrefour tahu secara pasti
dimana kekuatan mereka, tetapi ini juga berarti mereka harus memelihara
kepercayaan konsumen yang seringkali lebih sulit dibandingkan mendapatkan
kepercayaan konsumen untuk pertama kali.
Secara singkat, situs belanja online Carrefour secara mendasar mudah
digunakan dan sangat sederhana, tetapi ini baru 30% dari pekerjaan secara
total. Hal yang paling sulit dari layanan e-commerce adalah permasalahan logistik, proses
dimana barang sampai di rumah pembeli dengan selamat, pekerjaan masih jauh dari
selesai. Ini mungkin bisa menjadi satu-satunya kekurangan dari situse-commerce Carrefour, mereka tidak melakukan
pengiriman. Menurut Adrien, konsep dari belanja online dan model ambil di lokasi bekerja
secara bagus di negara lain jadi mereka beranggapan ini pun akan berhasil di
Indonesia juga.
Satu hal yang menjadi penting untuk diingat, jika sistem
Carrefour ini bekerja (online dan offline) ini bisa mengubah
acara mereka melakukan proses belanja bulanan. Dan juga mengubah perspektif
orang tenang belanja online dan dapat, membantu pertumbuhan situs e-commerce dengan skala lebih kecil lainnya.
Pihak Manajemen mengatakan bahwa mereka meluncurkan konsep e-commerce ini (Click & Drive – beli online dan ambil barang di toko) di Carrefour
cabang Lebak Bulus sebagai versi beta dari apa yang mereka sebut Carrefour Online. “Idenya adalah untuk
menjalankan konsep ini sembari meningkatkan kualitas dari layanan di kemudian
hari untuk membawa layanan baru di mana pun hal tersebut dibutuhkan.
E. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
Kelebihan:
·
Situs belanja online Carrefour lebih mudah digunakan
dan sangat sederhana.
·
Dapat memilih barang kebutuhan yang kita inginkan
secara online di website Carrefour. Kategori yang ditawarkan dibagi menjadi
beberapa bagian seperti : minuman, pembersih, perawatan pribadi, perawatan bayi
dan makanan, yang didalamnya masih banyak kategori yang sesuai.
·
Dapat menentukan sendiri hari dan waktu pengambilan
barang.
·
Langsung ambil barang tanpa perlu antri.
·
Mempersingkat waktu untuk memilih barang yang
diinginkan.
·
Pembayaran dapat dilakukan via online atau atm
terdekat.
Kekurangan:
·
Baru beroperasi di
Carrefour lebak bulus saja. Di website hanya terdapat 2 pilihan tempat Carrefour yaitu Carrefour Lebak Bulus-Jakarta Selatan dan Carrefour
Sunset Road-Kuta, Bali.
·
· Meskipun
kelebihannya 'langsung ambil barang dan tidak perlu mengantri panjang', tetapi
masyarakat awam berpikir bahwa tentang click & drive yaitu barang pesanan
yang dikirim kerumah. Tetapi pada kenyataannya barang pesanan diambil di
Carrefour yang diinginkan. Sehingga situs e-commerce Carrefour ini tidak
melakukan pengiriman.
F.
ANALISIS SWOT
STRENGHT
1. Pemimpin
pasar( Market Leader)
2. Keberanian
untuk memasukan pasar yang disuport oleh partner joint venture
3. Kualitas
toko yang tinggi dengan didasarkan pada basis pelanggan yang cukup besar
4. Bisnis
retail terbesar kedua di dunia dan bisnis retail terbanyak secara international
5. Merk
yang kuat diberbagai segmen pasar
6. Pemimpin
dunia didalam bisnis hypermarket
7. Perkembangan
e-commerce yang menjadi trend saat ini
Weakness
1. Permintaan
yang besar tergantung pada pasar
2. Kurang
memperhatikan aspek etika bisnis yang telah ditetapkan KPPU (Komisi Pengawas
Persaingan Usaha)
Oportunity
1. Memperluas
area produk dan pelayanan melalui diperluasnya area layanan produk
2. Pertumbuhan
penduduk mengakibatkan meningkatnya kebutuhan akan mengkonsumsi
barang secara instant
Threats
1. Yang
ancaman pasarnya tidak dapat mendukung lebih banyak outlet
2. Krisis
ekonomi global menyebabkan penurunan transaksi perdagangan
3. Tidak
diketahuinya pajak yang ditetapkan oleh tiap barang karena pajak dibebankan
kepada
perusahaan.
4. Kerugian
kompetitif yang diakibatkan oleh munculnya berbagai macam retail-retail bar
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Sistem informasi memiliki peran
yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Sistem informasi memiliki peran
dalam menunjang kegiatan bisnis operasional,menunjang manajemen dalam
pengambilan keputusan, dan menunjang keunggulan strategi kompetetif organisasi.
Penerapan E-Commerce Carrefour di Indonesia bisa meningkatkan efektifitas dan
efisiensi dan juga bisa mengurangi biaya
dengan mengurangi jumlah karyawan dari perusahaan atau bisnisnya dengan alasan
lebih efektif dan efisien ketika menggunakan media online, tenaga mesin atau
teknologi computer ketimbang tenaga kerja manusia, meskipun tenaga kerja
manusia masih dibutuhkan untuk mengontrol tools atau teknologi computer
tersebut.
Setiap produk
yang dihasilkan manusia pastti memiliki kelebihan dan kekurangan, pada
impementasi SIM Carrefour pun demikian. Kelebihan implementasi pada PT. Carrefour
di Indonesia:
a.)
Situs belanja online Carrefour lebih mudah digunakan
dan sangat sederhana. b.) Dapat
memilih barang kebutuhan yang kita inginkan secara online di website Carrefour.
Kategori yang ditawarkan dibagi menjadi beberapa bagian seperti : minuman,
pembersih, perawatan pribadi, perawatan bayi dan makanan, yang didalamnya masih
banyak kategori yang sesuai.
c.)
Dapat menentukan sendiri hari dan waktu pengambilan
barang.
d.)
Langsung ambil barang tanpa perlu antri. e.) Mempersingkat waktu
untuk memilih barang yang diinginkan. f.) Pembayaran dapat dilakukan via online atau atm
terdekat
Kekurangan
implementasi SIM pada PT Carrefour di Indonesia: Meskipun kelebihannya “langsung ambil
barang dan tidak perlu mengantri panjang”, tetapi masyarakat awam berpikir bahwa tentang click & drive yaitu
barang pesanan yang dikirim kerumah. Tetapi pada kenyataannya barang pesanan
diambil di Carrefour yang diinginkan. Sehingga situs e-commerce Carrefour ini
tidak melakukan pengiriman.
Saran
Sebaiknya
PT Carrefour meningkatkan konsep e-commerce (click and drive) menjadi beli
online dan barang dikirim ke rumah dibanding yang semula hanya beli online
barang diambil di toko. Menurut saya, perusahaan seperti Carrefour
tidaklah cocok menggunakan e-commerce atau belanja secara online apabila barang
yang dibeli produk makanan seperti ikan, daging, sayur dan buah-buahan.
DAFTAR PUSTAKA
KABAR BAIK!!!
BalasHapusNama saya Mia.S. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 JUTA) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.
Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena aku berjanji padanya bahwa aku akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman dalam bentuk apapun, silahkan hubungi dia melalui emailnya: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan miss Sety yang saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia dia juga mendapat pinjaman dari Ibu Cynthia baru Anda juga dapat menghubungi dia melalui email nya: arissetymin@gmail.com Sekarang, semua yang saya lakukan adalah mencoba untuk bertemu dengan pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening bulanan.
Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura
BalasHapusSaya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat
~~~Hub;~~~
Call: 0823 5329 5783
WhatsApp: +6282353295783
Yang Punya Room Trimakasih
----------